GAMBARAN UMUM AKUNTANSI

Akuntansi adalah seni pencatatan, pengelompokkan, pengikhtisaran yang tepat dan dinyatakan dengan uang transaksi-transaksi dan kejadian-kejadian yang bersifat keuangan yang menghasilkan informasi ekonomi untuk memperoleh pertimbangan. Sebab akuntansi merupakan seni maka tidak heran kita akan menjumpai metode pencatatan yang berbeda pada tiap-tiap Perusahaan.

Persamaan dasar akuntansi :
Aktiva (Asset)  =  Passiva (Hutang + Modal)

1.       Aktiva
Secara umum Aktiva terbagi atas 2, yaitu Aktiva Lancar dan Aktiva Tetap
a.    Aktiva Lancar yaitu apabila rotarynya kurang dari 1 tahun, seperti:
-       Kas & Bank (Cash & Bank)
-       Piutang (Account Receivable)
-       Surat Berharga (Marketable Securities)
-       Wesel Tagih (Notes Receivable)
-       Biaya dibayar dimuka (Prepaid Expenses)
-       Perlengkapan (Supplies)
-       Persediaan Barang Dagangan (Inventory)

      b.   Aktiva Tetap yaitu apabila rotarynya lebih dari 1 tahun, seperti:
-       Tanah (Land)
-       Gedung (Bulding)
-       Mesin (Machine)
-       Kendaraan (Vehicle)

Notes : Rotary yaitu bisa diuangkan dalam jangka waktu kurang atau lebih dari 1 tahun.

2.       Passiva (Hutang)
Passiva terdiri dari hutang dan modal.
Hutang terbagi atas 2, yaitu Hutang Lancar (Hutang Jangka Pendek) dan Hutang Jangka Panjang.
a.    Hutang Lancar yaitu apabila rotarynya kurang dari 1 tahun, seperti:
-       Hutang Usaha/ Hutang Dagang (Account Payable)
-       Wesel Bayar (Notes Payable)
-       Biaya yang Masih Harus Dibayar (Accrued Expenses)

b.   Hutang Jangka Panjang yaitu apabila rotarynya lebih dari 1 tahun, seperti:
-       Hutang Hipotik
-       Hutang Obligasi

3.       Passiva (Modal)
Modal adalah sejumlah dana yang disetor untuk Perusahaan. Modal bisa berupa Prive (Modal Pribadi), Modal Saham, Deviden (Keuntungan Saham) dan Laba Ditahan (Retained Earning).


SIKLUS AKUNTANSI

Siklus Akuntansi adalah prosedur pencatatan akuntansi mulai dari tahap yang pertama, kedua, ketiga hingga kembali lagi ke tahap yang pertama.

Siklus akuntansi secara garis besar ada 13 tahapan, yaitu:
1.       Bukti Transaksi
8.    Laporan Keuangan
2.       Jurnal
9.    Jurnal Penutup
3.       Buku Besar (Ledger)
10.  Memasukan ayat jurnal penyesuaian (AJP) ke dalam buku besar
4.       Buku Pembantu/ tambahan
11.  Menutup & membuka kembali perkiraan buku besar
5.       Neraca Percobaan/ Saldo
12.  Neraca Saldo setelah penutupan buku
6.       Ayat Penyesuaian
13.  Jurnal Pembalik
7.       Neraca Lajur


1 Comments

Previous Post Next Post