Resmi Jadi Cabor PON 2028, Tamiya Ga Ada Matinya

tamiya.com

CoA - Tamiya sejatinya adalah salah satu merk mainan dengan produk utama mobil mini 4WD. Merk yang pertama kali memperkenalkan model mini 4WD dan telah sangat melekat pada benak pecintanya sehingga semua mobil 4WD adalah tamiya.

Jadi yang menjadi cabang olah raga pada PON 2028 nanti bukanlah tamiya melainkan perlombaan mobil mini 4WD. Hal ini menyusul kesuksesan ekshibisi tamiya pada PON tahun ini di Sumut dan Aceh.

Mini 4WD pertama kali diperkenalkan oleh Tamiya pada awal 1980-an dan sejak itu berkembang menjadi salah satu lini produk paling populer mereka. Mobil-mobil ini dirancang sebagai model kecil dengan penggerak empat roda (4WD) yang dioperasikan dengan tenaga baterai. Didesain khusus agar bisa dirakit sendiri oleh pengguna untuk memberikan pengalaman belajar tentang mekanika dan elektronik dasar

Popularitas Mini 4WD meningkat pesat pada akhir 1980-an dan awal 1990-an, terutama setelah seri "Dash! Yonkuro," sebuah manga dan anime yang menampilkan Mini 4WD sebagai alur cerita utama.

Balapan Mini 4WD tidak menggunakan remote control, namun melaju cepat di atas lintasan khusus dengan jalur yang sudah disesuaikan. Tak jarang berbahai hambatan ditambahkan di atas lintas untuk menguji kehandalan mobil 4WD dan tentu saja untuk menambah keseruan.

Di Indonesia Komunitas Mini 4WD mengalami puncak popularitas pada tahun 1990-an, ketika berbagai toko mainan dan pusat perbelanjaan mulai menyediakan lintasan balap Mini 4WD. Acara balap sering diadakan di berbagai kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan. Setelah sempat meredup, minat terhadap Mini 4WD kembali meningkat pada tahun 2010-an, terutama dengan bantuan media sosial dan platform komunitas online yang membantu penggemar Mini 4WD untuk berinteraksi dan berbagi informasi.


Post a Comment

Previous Post Next Post